Saturday, December 19, 2020

Terapi Hormon 2 ( Trying to Conceive )

Halo,

Udah menjelang ganti tahun nih, Bund. Gimana kabarnya? Semoga masih pada sehat-sehat dan semangat yaa..

Kali ini saya mau update lagi kelanjutan dari terapi obat penyubur di bulan kedua untuk program hamil saya. Maaf ya kali ini kurang bersemangat nulis karena emang kondisinya perut sakiiiiit banget sejak terapi.

Entah emang pengaruh obat atau kondisi penebalan rahim saya yang memburuk, tapi yang saya rasain sejak masuk jadwal masa subur sampe saya beres haid di bulan ini perut kram banget gak ilang-ilang. Payudara saya juga sakit mirip pms tapi lama banget, sementara saya sebelumnya gak pernah PMS se-lama ini.

"Ibu ini emang ada adenomyosis ya," kata dokter G.
"Adenomyosis apaan lagi dok?" Tanya saya, jujur udah cape banget denger nama penyakit aneh-aneh setiap kali ke dokter kandungan.

"Itu kaya tumor, jaringannya tumbuh di dalam dinding rahimnya tapi gak ganas, lah saya belum pernah jelasin ya? "

"Belum dok, cuma taunya hiperplasia aja. Terus pengobatannya gimana dok?"

"Cuma dikontrol aja sama pake obat penyubur aja sampai hamil. Soalnya gak ada obatnya itu, Adenomyosis kalau mens ya begitu, banyak.. sakit.."

Ku hanya meringis...

Lalu dokter G cuma ngasih resep Genoclom sama vitamin d3 aja.

Well pas ku cari-cari info ternyata emang adenomyosis ini masih kurang familiar dibanding sahabatnya, endometriosis.
Bedanya, kalo endometriosis itu bahasa gampangnya sih, si jaringan yang unwanted itu tumbuhnya masih di permukaan rahim, entah di dalam atau di luar. Tapi, kalo adenomyosis itu di dalem daging dinding rahimnya itu sendiri. Secara logika sih, pantes aja dikuret masih tebel, ya orang harusnya si rahimnya yang dikikis pake jalur oprasi.
Tapi saya tidak mau oprasiiiii. Huhu.

Selain itu, orang-orang yang kena adenomyosis emang 'nasibnya' harus bersahabat dengan pain killer karena emang gak banget nyerinya.

Dan saya rasain udah hampir sebulan ini perut kram. Padahal haidnya baru seminggu ini dan keluarnya cuma flek-flek coklat aja.

Saya baca-baca, katanya 'obat' alami adenomyosis itu justru adalah Hamil. Karena pas hamil si penyakit ini bakal kayak mati suri. Tapi di satu sisi adenomyosis ini menghambat hamil. Hmm bikin galau aja kan yaaaa.

Terus penyebabnya apa?
As always, gak ada yang tahu, Bund. Hehe..
Tapi biasanya pemicunya kalo kita udah pernah operasi rahim/SC, atau kelainan genetik juga bisa.

Ok deh, sekian dulu sharing update promil bulan ini. Semoga bunda-bunda yang lagi promil tetep semangat yaaa. Silakan kalo ada pengalaman boleh sharing juga :)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts